Cara Mengatasi HP Lemot Karena Ruang Penyimpanan Penuh

Cara mengatasi HP lemot

Apakah HP kalian mulai muncul notifikasi “Ruang penyimpanan hampir penuh”? Kemudian setelah itu performa HP kalian menjadi lebih berat dan lemot? Itu artinya HP kalian mulai harus diperhatikan untuk selalu disortir apa saja isi di dalamnya. Penggunaan HP yang tidak teratur alias “asal pakai” pasti lama kelamaan akan menyebabkan hal demikian, ruang penyimpanan internal penuh dan performa dari HP mulai lemot.

Namun hal itu sangatlah wajar, karena memang kebanyakan orang kurang begitu memperhatikan isi dari ruang penyimpanan HP mereka selama penggunaan sehari-hari. Hasilnya yaitu kinerja dari HP menjadi berat dan terasa lemot, tapi bukan berarti HP kalian itu rusak yah, bukan. Masalah ini dapat kita atasi sendiri cukup dengan ikuti tips tentang cara mengatasi HP lemot karena ruang penyimpanan penuh berikut ini.

Cara mengatasi HP lemot dengan membersihkan ruang penyimpanan

Semua HP pasti akan terasa lemot jika ruang penyimpanannya penuh, maka dari itu kita seharusnya menyisakan ruang kosong 20-30% dari kapasitas memori internal HP supaya sistem dalam HP bisa bekerja dengan lancar. Dan jika notif “ruang penyimpanan penuh” sudah muncul di HP kalian, maka kalian bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk cara mudah membersihkan ruang penyimpanan HP.

Gunakan SD card sebagai penyimpanan media

Jika kalian menggunakan HP yang memiliki slot SD card maka sebaiknya kalian tambahkan SD card ke HP kalian sebagai penyimpanan media tambahan. Karena dengan menggunakan SD card maka memori internal HP kalian tidak akan cepat penuh sehingga performa HP kalian akan tetap stabil, lancar dan tidak lemot.

Kalian bisa memanfaakan SD card sebagai ruang untuk menyimpan hasil foto atau video, file-file unduhan yang besar, file game, dan lainnya. Jadi memori internal kalian akan lebih lega dan hanya berisi file-file sistem dari aplikasi saja.

Bersihkan sampah foto dan video di Galeri

Salah satu penyebab ruang penyimpanan HP penuh adalah sampah foto atau video di dalam aplikasi Galeri yang jarang kalian bersihkan. Maka dari itu, untuk mengatasi HP lemot karena ruang penyimpanan penuh yaitu dengan membersihkan Galeri di HP. Hapus semua foto atau video dengan ukuran besar yang memenuhi memori HP kalian.

Pergi ke aplikasi Galeri kemudian hapus-hapus sampah seperti foto duplikat, foto dengan pose yang sama, foto mantan, Screenshot chat dengan mantan, video random dari sosmed, hapus saja semuanya karena itu adalah sampah yang hanya memenuhi memori internal HP kalian. Kemudian jangan lupa untuk bersihkan album Recently deleted, karena biasanya file-file yang sudah dihapus akan masuk ke dalam situ dulu sebelum benar-benar terhapus dari HP kalian.

Bersihkan sampah di aplikasi File Manager

Cara mengatasi HP lemot selanjutnya adalah bersihkan aplikasi File Manager. Karena biasanya terdapat banyak file-file sampah yang menumpuk di sana, seperti file hasil unduhan, file cache dari aplikasi, koleksi film yang sudah ditonton, berkas-berkas yang sudah tidak diperlukan, dll.

Untuk membersihkannya caranya cukup mudah, kalian bisa memanfaatkan fitur Pembersihan otomatis yang ada di aplikasi File Manager. Kemudian untuk memastikan bahwa tidak ada sampah file yang tersisa, kalian bisa pergi ke menu folder memori kemudian sortir file berdasarkan ukuran terbesar, lalu cek di setiap folder apakah masih ada file sampah yang terlewat, hapus jika ada.

Hapus Cache aplikasi di Pengaturan

Yang paling jarang diketahui oleh pengguna smartphone saat ini adalah tentang Cache aplikasi. Bahwa setiap aplikasi yang kalian install di HP pasti memiliki Cache atau sampah yang menumpuk selama penggunaan. Dan pasti jarang sekali ada yang memperhatikan hal itu, sehingga tidak disadari ruang penyimpanan jadi penuh dan HP menjadi lemot.

Cara membersihkan Cache aplikasi sebenarnya cukup mudah, kalian hanya perlu pergi ke aplikasi Pengaturan, kemudian cari menu Setelan aplikasi, lalu buka setiap aplikasi yang memiliki ukuran paling besar, klik tombol Hapus Cache. Tindakan ini tidak akan menghapus data-data penting dari aplikasi kalian, melainkan hanya menghapus sampah yang ada di dalam aplikasi. Jadi hal ini aman dilakukan dan seharusnya rutin dibersihkan setidaknya seminggu sekali atau sebulan sekali. Aplikasi yang memiliki file Cache paling besar biasanya yaitu aplikasi sosial media yang sering digunakan.

Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan

Nah, setelah menghapus file Cache aplikasi sekarang waktunya untuk memilah aplikasi mana yang sudah tidak pernah digunakan dan menghapusnya. Sehingga tidak memenuhi ruang penyimpanan internal dan memperberat kinerja sistem ketika memuat ulang semua aplikasi. Caranya sangat mudah, yaitu tekan dan tahan aplikasi di home screen atau di App drawer kemudian pilih menu Uninstall aplikasi.

Restart HP setelah selesai

Setalah semua file sampah di HP sudah dibersihkan, dan ruang penyimpanan sudah kembali lega maka langkah terakhir untuk mengatasi HP yang lemot yaitu Restart HP kalian. Sehingga semua sistem dan aplikasi pada HP akan kembali direfresh ulang supaya kinerja HP kembali ringan dan lancar.


Itulah serangkaian tips untuk cara mengatasi HP lemot karena ruang penyimpanan penuh. Dengan mengikuti arahan di atas dengan benar pasti HP kalian akan kembali lancar kinerjanya karena ruang penyimpanan internal sudah kembali lega. Namun jika memori internal di HP kalian sudah lega tapi kinerja HP masih tetap lemot, berarti spesifikasi HP kalian sudah tidak lagi cukup untuk kebutuhan pemakaian aplikasi saat ini yang semakin berat. Sekian dan terimakasih sudah membaca, semoga membantu bagi kalian yang sedang mencari cara mengatasi HP lemot.