Tips untuk Mencegah HP Cepat Panas Supaya Baterai Awet

Tips mencegah HP cepat panas

Mencegah HP cepat panas ternyata satu hal penting yang jarang diperhatikan. Kenapa? Karena suhu panas adalah musuh utama dari gadget terutama bagi baterai HP kita. Yap, masa pakai baterai akan sangat bergantung dengan pola kita menggunakan HP, semakin intens kita menggunakan HP tentu akan semakin menguras baterai.

Belum lagi ditambah dengan pengaruh suhu panas yang muncul akibat kita terlalu intens menggunakan HP yang akhirnya bisa menyebabkan kesehatan baterai HP kita cepat menurun. Dampaknya adalah ketahanan baterai akan semakin memburuk dan baterai HP akan terasa boros atau cepat habis.

Selain menyebabkan masalah pada baterai, suhu panas pada HP juga bisa menyebabkan performa HP menjadi lemot dan tidak stabil. Maka dari itu, penting bagi kita menjaga penggunaan HP untuk mencegah HP cepat panas yang bisa menimbulkan masalah pada performa HP dan usia pemakaian baterai HP. Dan di sini saya akan membagikan tips untuk mencegah HP cepat panas supaya baterai awet. Apa saja yang perlu dilakukan? Simak penjelasan berikut.

Cara mencegah HP cepat panas supaya baterai tahan lama

Beberapa langkah berikut bisa kalian ikuti untuk mencegah HP cepat panas, dengan sedikit usaha yang diperlukan maka HP kalian akan menjadi lebih awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

Hindari penggunaan HP ketika berada di bawah sinar matahari langsung

Kegiatan yang harus kita hindari untuk mencegah HP cepat panas yaitu menggunakan HP ketika sedang berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung. Hal ini tentu akan membuat HP kita menjadi lebih panas daripada biasanya, dan jika dibiarkan berlama-lama pasti akan langsung berdampak pada performa HP yang tidak stabil karena panas.

Tutup aplikasi jika sudah tidak digunakan

Penting juga bagi kita untuk rajin menutup aplikasi yang sudah benar-benar kita tidak gunakan lagi. Hal ini untuk mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem, karena itu akan membuat kinerja HP menjadi lebih berat dan tentunya bisa menyebabkan HP cepat panas jika ada terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang sistem.

Jangan terlalu lama memainkan game berat di HP

Mungkin hal ini jarang diperhatikan oleh kita yang suka bermain game di HP yaitu memainkan game berat berlama-lama selama berjam-jam tanpa mengecek suhu panas HP. Bahkan terkadang kita sering memainkan game di HP sampai kehabisan baterai jika saking asiknya.

Hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan HP kita, karena jika performa HP dihajar terus-terusan pada suhu yang panas maka itu akan mengakibatkan HP kita menjadi cepat panas dan cepat menurun daya tahan baterainya, kemudian masalah seperti HP lemot dan tidak stabil pun akan muncul karena penggunaan kita yang seenaknya.

Gunakan Fan Cooler ketika main game

Nah, jika kita memang ingin bermain game berlama-lama di HP solusinya adalah menggunakan Fan Cooler atau kipas untuk mendinginkan HP. Selain mencegah HP cepat panas, Fan Cooler juga akan menjaga performa HP kita tetap stabil selama kita gunakan untuk bermain game berat.

Charge HP ketika baterai di atas 20%

Sebisa mungkin usahakan untuk mengisi daya HP ketika baterai hampir mencapai 20%. Kenapa tidak sampai benar-benar habis saja? Karena jika kita charging HP pada kondisi baterai benar-benar habis atau mendekati 0%, yang terjadi adalah fitur fast charging dari HP akan aktif dan itu akan menimbulkan suhu panas pada HP ketika dicharge.

Jangan mainkan HP ketika sedang dicharge

Kebiasaan yang sering kali dilakukan banyak orang yaitu memainkan HP ketika sedang charging. Ini adalah salah satu kegiatan yang kurang baik dan harus dihindari, karena ketika HP digunakan sambil dicharge maka kinerja HP akan menjadi lebih berat dan akan menimbulkan suhu panas berlebih yang bisa merusak HP.

Gunakan charger Original

Satu hal yang paling penting untuk kita ketahui adalah penggunaan charger original akan sangat berpengaruh pada kesehatan HP kedepannya. Karena jika kita menggunakan charger yang tidak original itu bisa mengakibatkan daya arus listrik yang masuk ke HP kita tidak stabil, dan bahkan kualitas charger yang buruk bisa menyebabkan masalah serius seperti kejadian HP meledak.

Charger yang bagus adalah charger bawaan HP yang disediakan di dalam box ketika kita membelinya. Tapi jika kita tidak mendapatkan charger ketika membeli HP atau charger bawaan sudah rusak, kita bisa memilih charger dari third party atau dari brand-brand charger yang terkenal dan sudah terbukti kualitasnya yang ada banyak di pasaran, asal jangan membeli charger KW.


Itulah beberapa tips untuk mencegah HP cepat panas supaya baterai awet. Dengan demikian kita bisa sama-sama belajar untuk lebih peduli dan merawat barang yang kita punya supaya bisa awet digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.